Wednesday, February 28, 2018

Pro Kontra Sa’i Nyanyikan Hubbul Wathon

Terkait video viral jamaah umrah asal Indonesia yang menyanyikan lagu Hubbul Wathan ketika Sa’i, ternyata menimbukan pro kontra. Simak pendapat yg pro dan kontra dan vidionya melalui web ini.
 
Vidio bisa dilihat di:
 https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1900094360032733&id=100000965625920
 
Pendapat yg Pro:
JAKARTA—Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Marsudi Syuhud mengatakan tidak ada larangannya mendendangkan syair apapun, termasuk Hubbul Wathon.
“Gak ada larangannya,” katanya saat ditemui Islampos.com di Gedung MUI Pusat, Selasa (27/02/2018).
Lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua MUI bidang Ukhuwah Islamiyyah menjelaskan tentang membaca syair saat sa’i dari dulu sudah ada. Bahkan dalam Tafsir Alqurtubi soal membacakan syair ada perbedaan pendapat.
Soal syair ini ada perbedaan. Ada yang dibolehkan dan ada yang ga dibolehkan, lanjutnya. Syair yang dibolehkan seperti syalawat, zikir dan sesuatu yang membangkitkan untuk kebaikan. Sedangkan yang dilarang syair yang sampai melupakan ibadah sa’inya.
sumber: https://www.islampos.com/sai-nyanyikan-hubbul-wathon-ketua-pbnu-gak-ada-larangannya-74061/ 
 ===========
HUKUM MENGGAUNGKAN SYIIR YA LAL WATHON SEWAKTU SA’I
Oleh: M. Asnawi Ridlwan ( Wakil Sekretaris LBM-PBNU )
Beberapa hari ini viral di medsos tentang pelaksanaan ibadah sa’I, karena diantara ritualnya diselingi dengan lantunan syi’ir ya lal wathon yang menjadi lagu wajibnya Nahdlatul Ulama’.  Tentu saja praktek ini memunculkan pro kontra di antara kaum muslimin. bahkan ada yang menilai sesat, tidak punya adab, dan haram. Berikut saya sampaikan ulasan tentang hukum pelaksanaan sa’I berselibkan syiir ya lal wathon tersebut.
1.Rasulullah SAW.  Bersabda:
انما جعل الطواف بالبيت وبين الصفا والمروة ورمي الجمار لإقامة ذكر الله
“ Dijadikannya thawaf di baitullah, sa’I antara shofa – marwah, dan melempar jimar adalah demi menjaga konsistensi diri dalam berdzikir pada Allah.”
Dari hadits ini tertera secara jelas bahwa thawaf, sa’I, dan melempar jumrah adalah bagian ibadah yang harus diisi penuh dengan dzikir kepada Allah SWT. Tidak sepatutnya bila dalam pelaksanaan ritual ibadah tersebut ternyata kita lalai ( ghoflah ) dari dzikir kepada Allah terlebih lagi masih membawa kebiasaan maksiat dan belum mau bertaubat. Jadi, sa’I tidak hanya diisi dengan kalimat-kalimat doa, tapi juga dianjurkan untuk melafadlkan dzikir-dzikir. Apakah syiir ya lal wathan termasuk kategori dzikir? Jawabannya: iya. Karena syiir tersebut mengajak pada dua kebaikan yakni ingat kepada Allah dan mengajak cinta tanah air.
عون المعبود وحاشية ابن القيم (5/ 239)
(إِنَّمَا جُعِلَ الطَّوَافُ بِالْبَيْتِ) أَيِ الْكَعْبَةِ (وَبَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ) أَيْ وَإِنَّمَا جُعِلَ السَّعْيُ بَيْنَهُمَا (وَرَمْيُ الْجِمَارِ لِإِقَامَةِ ذِكْرِ اللَّهِ) يَعْنِي إِنَّمَا شُرِعَ ذَلِكَ لِإِقَامَةِ شِعَارِ النُّسُكِ
قَالَهُ المناوي قال علي القارىء أَيْ لِأَنْ يُذْكَرَ اللَّهُ فِي هَذِهِ الْمَوَاضِعِ الْمُتَبَرَّكَةِ فَالْحَذَرَ الْحَذَرَ مِنَ الْغَفْلَةِ وَالطَّوَافُ حَوْلَ البيت والوقوف للدعاء فَإِنَّ أَثَرَ الْعِبَادَةِ لَائِحَةٌ فِيهِمَا
وَإِنَّمَا جُعِلَ رَمْيُ الْجِمَارِ وَالسَّعْيُ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ سُنَّةً لِإِقَامَةِ ذِكْرِ اللَّهِ تَعَالَى يَعْنِي التَّكْبِيرُ سُنَّةٌ مَعَ كُلِّ جَمْرَةٍ وَالدَّعَوَاتُ فِي السَّعْيِ سُنَّةٌ
مرعاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح (9/ 187)
وقال القاري: أي لأن يذكر الله في هذه المواضع المتبركة، فالحذر الحذرمن الغفلة. وإنما خُصا بالذكر مع أن المقصود من جميع العبادات هو ذكر الله تعالى لأن ظاهرهما فعل لا تظهر فيهما العبادة، وإنما فيهما التعبد للعبودية بخلاف الطواف حول بيت الله، والوقوف للدعاء فإن أثر العبادة لائحة فيهما. وقيل إنما جعل رمي الجمار والسعي بين الصفا والمروة سنة لإقامة ذكر الله، يعني التكبير مع كل حجر والدعوات المذكورة في السعي سنة، ولا يبعد أن يكون لك من الرمي والسعي حكمة ظاهرة ونكتة باهرة غير مجرد التعبد وإظهار المعجزة، ثم أطال القاري الكلام في ذلك نقلاً عن الطيبي والغزالي، من شاء الوقوف على ذلك رجع إلى المرقاة وأضواء البيان
2. Hukum menggaungkan syi’ir ya lal wathon.
Menggaungkan syi’ir yang bertemakan dzikir pada Allah dan cinta tanah air adalah sunnah baik di dalam masjid terlebih lagi di luar masjid.
تفسير القرطبي (12/ 271)
وَقَدْ رُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي غَيْرِ حَدِيثٍ رُخْصَةٌ فِي إِنْشَادِ الشِّعْرِ فِي الْمَسْجِدِ. قُلْتُ: أَمَّا تَنَاشُدُ الْأَشْعَارِ فَاخْتُلِفَ فِي ذَلِكَ، فَمِنْ مَانِعٍ مُطْلَقًا، وَمِنْ مُجِيزٍ مُطْلَقًا، وَالْأَوْلَى التَّفْصِيلُ، وَهُوَ أَنْ يُنْظَرَ إِلَى الشِّعْرِ فَإِنْ كَانَ مِمَّا يَقْتَضِي الثَّنَاءَ عَلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَوْ عَلَى رَسُولِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوِ الذَّبَّ عَنْهُمَا كَمَا كَانَ شِعْرُ حَسَّانَ، أَوْ يَتَضَمَّنُ الْحَضَّ عَلَى الْخَيْرِ وَالْوَعْظَ وَالزُّهْدَ فِي الدُّنْيَا وَالتَّقَلُّلَ مِنْهَا، فَهُوَ حَسَنٌ فِي الْمَسَاجِدِ وَغَيْرِهَا،
الفقه على المذاهب الأربعة (1/ 262)
الحنفية قالوا: الشعر في المسجد إن كان مشتملاً على مواعظ وحكم وذكر نعمة الله تعالى وصفة المتقين فهو حسن، وإن كان مشتملاً على ذكر الأطلال والأزمان، وتاريخ الأمم فمباح، وإن كان مشتملاً على هجو وسخف، فحرام، وإن كان مشتملاً على وصف الخدود والقدود والشعور والخصور، فمكروه إن لم يترتب عليه ثوران الشهوة، وإلا حرم.
الحنابلة قالوا: الشعر المتعلق بمدح النبي صلى الله عليه وسلم مما لا يحرم ولا يكره يباح إنشاده في المسجد.
المالكية قالوا: إنشاد الشعر في المسجد حسن إن تضمن ثناء على الله تعالى، أو على رسوله صلى الله عليه وسلم أو حثاً على خير، وغلا فلا يجوز.
الشافعية: إنشاد الشعر في المسجد إن اشتمل على حكم مواعظ وغير ذلك مما لا يخالف الشرع؛ ولم يشوش جائز، وإلا حرم
3. Hukum cinta tanah air ( nasionalisme ) dan hukum tidak cinta tanah air ( anti NKRI dan perangkat-perangkatnya )
Nasionalisme harus terpatri dalam sanubari setiap anak bangsa demi menjaga semangat mempertahankan, siap berkorban dan berjuang demi bangsa, sehingga tetap lestari dalam kemajmukannya baik di bidang agama, suku dan budayanya terpelihara menjadi kekuatan riil demi memperkokoh kedaulatan bangsa.  Sehingga terciptalah suasana kehidupan yang damai, saling menghormati, menghargai, melindungi, dan mengasihi. Dalam sebuah hadits disebutkan:
كان اذا قدم من سفر فنظر الى جدران المدينة أوضع راحلته وان كان على دابة حركها من حبها . رواه البخارى
“Tatkala Rasulullah SAW. Pulang dari bepergian dan melihat dinding kota Madinah, beliau mempercepat laju kudanya. Dan bila mengendarai tunggangan, maka beliau gerak-gerakkan karena cintanya pada Madinah.”
Syekh Ibnu Hajar al-‘Ashqalani menegaskan bahwa hadits tersebut menunjukkan dua hal pokok: yakni tentang keutamaan kota Madinah dan disyariatkannya cinta tanah air.
فتح الباري لابن حجر (3/ 621)
وَرِوَايَةُ الْحَارِثِ بْنِ عُمَيْرٍ هَذِهِ وَصَلَهَا الْإِمَامُ أَحْمَدُ قَالَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ إِسْحَاقَ حَدَّثَنَا الْحَارِثُ بْنُ عُمَيْرٍ عَنْ حُمَيْدٍ الطَّوِيلِ عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ فَنَظَرَ إِلَى جُدُرَاتِ الْمَدِينَةِ أَوْضَعَ نَاقَتَهُ وَإِنْ كَانَ عَلَى دَابَّةٍ حَرَّكَهَا مِنْ حُبِّهَا وَأَخْرَجَهُ أَبُو نُعَيْمٍ فِي الْمُسْتَخْرَجِ مِنْ طَرِيقِ خَالِدِ بْنِ مَخْلَدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ أَبِي كَثِيرٍ وَالْحَارِثِ بْنِ عُمَيْرٍ جَمِيعًا عَنْ حُمَيْدٍ وَقَدْ أَوْرَدَ الْمُصَنِّفُ طَرِيقَ قُتَيْبَةَ الْمَذْكُورَةَ فِي فَضَائِلِ الْمَدِينَةِ بِلَفْظِ الْحَارِثِ بْنِ عُمَيْرٍ إِلَّا أَنَّهُ قَالَ رَاحِلَتَهُ بَدَلَ نَاقَتِهِ وَوَقَعَ فِي نُسْخَةِ الصَّغَانِيِّ وَزَادَ الْحَارِثُ بْنُ عُمَيْرٍ وَغَيْرُهُ عَنْ حُمَيْدٍ وَقَدْ نَبَّهْتُ عَلَى مَنْ رَوَاهُ كَذَلِكَ مُوَافِقًا لِلْحَارِثِ بْنِ عُمَيْرٍ فِي الزِّيَادَةِ الْمَذْكُورَةِ وَفِي الْحَدِيثِ دِلَالَةٌ عَلَى فَضْلِ الْمَدِينَةِ وَعَلَى مَشْرُوعِيَّة حب الوطن والحنين إِلَيْهِ
Sayyidina Umar bin Khattab RA. Menjelaskan:
ولولا حب الوطن لخرب بلد السوء فبحب الأوطان عمرت البلدان
“ Seandainya tidak ada cinta tanah air, niscaya akan semakin hancur suatu negeri yang terpuruk. Maka dengan cinta tanah air, negeri-negeri akan termakmurkan.”
روح البيان (6/ 442)
قال عمر رضى الله عنه لولا حب الوطن لخرب بلد السوء فبحب الأوطان عمرت البلدان
NB: Dari paparan ringkas ini bisa disimpulkan bahwa
1. Menggaungkan syiir ya lal wathon saat pelaksanaan sa’I adalah sebuah kebaikan dengan syarat tidak disuarakan dengan arogan hingga mengganggu yang lain, karena cinta tanah air adalah kewajiban setiap muslimin. Terlebih lagi, saat ini ajaran cinta tanah air banyak yang tidak memahaminya.
2. Tidak mencintai NKRI beserta perangkatnya adalah perbuatan dosa. Maka, diharuskan untuk segera bertaubat, terlebih saat melaksanakan ibadah sa’i
 
 
Pendapat yg Kontra:
JAKARTA—Terkait video viral jamaah umrah asal Indonesia yang menyanyikan lagu Hubbul Wathan ketika Sa’i, ternyata menjadi perhatian Kerajaan Arab Saudi.
Duta Besar Kerajaan Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah as-Shuaibi menegaskan bahwa siapa pun yang berada di Tanah Suci wajib menjaga adab.
“Kami imbau agar para jamaah fokus ibadah dan menjaga etika,” ujar Osama di Kediaman Kedubes Saudi Jakarta, Selasa (27/2).
Aparat Kerajaan Saudi menyayangkan kegiatan jamaah umrah tersebut, dan pihaknya tidak dapat membiarkan adanya aktivitas seperti itu. Karena, jika kegiatan seperti itu dibiarkan, maka dikhawatirkan akan semakin meluas dan menimbulkan kegaduhan.
 sumber: https://www.islampos.com/soal-video-nyanyi-ketika-sai-dubes-saudi-minta-jamaah-jaga-adab-74143/
======
*INIKAH ORANG" YG DICERITAKAN OLEH AYAT AL'QURAN??*
"Dan sholat(Ibadah) mereka di sekitar Baitullah itu, tidak lain hanyalah siulan dan tepuk tangan. Maka rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu."
(QS. Al-Anfal 8: Ayat 35)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِنَّمَا جُعِلَ رَمْيُ الْجِمَارِ وَ الطَّوَافُ وَ السَّعْيُ بَيْنَ الصَّفَا وَ الْمَرْوَةِ لإِقَامَةِ ذِكْرِ اللهِ لاَ لِغَيْرِهِ
Sesungguhnya melempar jumrah, thawaf dan sa’i di antara Shafa dan Marwah dilakukan hanyalah untuk menegakkan dzikir kepada Allah, bukan untuk yang lainnya.
(HR Abu Dawud 1888 )
Hadits shahih di atas memberikan pesan kepada kita, bahwa tujuan beberapa pelaksanaan dalam ibadah haji dan umrah, seperti thawaf, melempar jumrah dan sa’i di antara Shafa dan Marwah hanyalah untuk menegakkan dzikir kepada Allah, bukan untuk yang lainnya, seperti bernyanyi, deklarasi, dan lain sebagainya.
======

Rosululloh pernah bersabda:
"Barang siapa menyerukan ashobiyah(fanatik suatu golongan) maka bukan bahagian dari golonganku, barang siapa yang berperang di karenakan ashobiyah maka bukan bahagian dari golonganku, barang siapa mati karena ashobiyah maka bukan bahagian dari golonganku".

======
TERIAKKAN YEL-YEL DI TEMPAT SA'I ,  YAKUT CHOLIL QOUMAS DIANGGAP GAGAL MENDIDIK ADAB/ ETIKA BERIBADAH TERHADAP ANAK BUAHNYA.

Oleh : Moh Aflah (si anak kampung)

Etika dan adab itu sangat penting, dalam hal bermasyarakat maupun dalam hal beribadah.

Jika anda membaca teks kutbah di pasar ikan, maka anda bukan orang yang bijak,

begitupun juga jika anda membaca UUD 45, atau pancasila, atau meneriakkan yel-yel organisasi didalam masjid pada saat jemaah hendak melaksanakan shalat, maka anda dianggap tak tau adab, kurang Ajar. Meskipun itu tak membatalkan shalat di masjid.

Meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya itu perbuatan orang dungu, atau dzalim.

Hal yang sama, dilakukan oleh yakul kholil qoumas, beserta anak buahnya, di sekitar masjid Haram mekkah, pekikan yel-yel keorganisasian, di teriakkan saat melaksanakan Ibadah sa'i  Meskipun dalam ranah Hukum Fiqh itu tidak membatalkan Ibadah sa'i. Namun dalam Ranah Adab, itu dianggap su'ul adab, tak tau etika, dan perbuatan orang Jahil terhadap sunnah-sunnah Sa'i.

Begini tatacara yang sopan dan selaras dengan perbuatan Ibadah saat anda melaksanakan thawaf atau sa'i, sesuai petunjuk para Ulama'.

فإذا انتهى من الطواف حول الكعبة انتقل إلى السعي بين الصفا والمروة مبتدئاً بالصفا حتى يُتم سبعة أشواط، ومما يُشرع للمعتمر فعله في أثناء الطواف والسعي؛ الدعاء، والذكر، والتوجه إلى الله بما شاء من الأدعية، والأوراد، وقد ورد عن النبي صلى الله عليه وسلم بعض الأدعية والأوراد التي كان يكرّرها في سعيه وطوافه.

Jika sudah selesai mengerjakan tawaf di sekitar Ka'bah, maka berpindahlah untuk mengerjakan Ibadah sa'i, tempatnya diantara bukit shofa dan bukit marwa, di mulai dari bukit shofa, sampai sempurna 7 kali jalan,

hal yang paling dianjurkan bagi orang yang melaksanakan ibadah Umrah di tengah-rengah melaksanakan Thawaf dan sa'i itu adalah berdoa, berdzikir, menghadap kepada Allah dengan segala jenis permintaan doa yang dia kehendaki, dan membaca Wirid,

Telah datang dari baginda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, sebagian doa-doa, dan wirid-wirid yang beliau baca berulang-ulang  didalam sa'i dan thawaf nya.

ليس للسعي ذكر مخصوص إلاّ ما تقدم، وله أن يأتي في سعيه ما شاء من الأدعية والأذكار المسنونة وقراءة القرآن.

Memang tidak ada dizikir-dzikir  khusus bagi orang yang mengerjakan sa'i, kecuali dengan apa yang telah disebutkan didepan, dan hendaknya bagi orang yang melaksanakan sa'i itu menyibukkan diri dengan doa-doa yang dia kehendaki, membaca dzikir-dzikir yang di sunnahkan, serta  membaca Al-quran.

Bukan malah bernyanyi, mengobarkan yel-yel yang bukan pada tempatnya, atau membaca pancasila, membaca undang-undang dasar 45, pekikan dan teriakan khusus dikalangan pramuka.

Sebab shofa dan marwa itu bukan lapangan sepakbola, bukan pula lapangan  Upacara, bukan pula tempat berkemah bagi kalangan pramuka, melainkan tempat ibadah, yg harus di isi oleh doa, dzikir dan tilawah,

bukan malah di isi oleh yel-yel pekikan yang tak ada sangkut paut dan hubungan nya dengan ibadah sa'i.  Meskipun tak membatalkan ibadah sa'i namun perbuatan tersebut dianggap su'ul adab, tak tau etika, dan Jahil terhadap sunnah-sunnah  agama.

Karena doa itu dianggap tidak sah, kecuali doa yang bisa difahami oleh akal, maksud dan maknanya.  Kaidah menyebutkan :

 لا يصحُّ إلاَّ فيما عُقل معناه، وهذا تعبُّدٌ محضٌ

Sebuah doa dianggap tidak sah kecuali yang dapat difahami oleh akal makna atau maksudnya , karena doa itu adalah ibadah yang murni.

Oleh itu mari kita ikuti para Ulama' yang benar dan lurus,  jangan ikuti orang-orang Jahil yang sok berlagak Ulama'.

Jangan sampai masyarakat menilai bahwa Banser tempat nya orang-orang Jahil Agama yang suka membubarkan pengajian,  sehingga saat melaksanakan ibadah malah jauh dari ajaran yg sering diajarkan di dalam pengajian.
sumber: https://majlisassalam.blogspot.co.id/2018/02/pro-kontra-yel-yel-di-tempat-sai.html
=========
Agar Sa'i dari bukit shafa ke bukit marwa lebih bermakna
Tulisan ini sebenarnya sudah pernah saya posting beberapa tahun yang lalu. Berhubung karena ada jamaah umrah yang membaca bacaan dan yel-yel yang aneh-aneh saya posting lagi.
Dulu jalan antara bukit shafa dan marwa penuh dengan batu-batu terjal, beratapkan langit, panas, demikian Rasulullah SAW bersama sahabat melakukan sa'i dengan kondisi seperti itu. Allahu akbar.....
Tetapi sekarang jalan antara bukit shafa dan marwa teduh, dingin ada AC-nya berlantaikan empat. Kadang2 membuat jamaah haji dan umrah bisa kedinginan di tempat sa'i padahal suhu di makkah sampai 44°C.
Agar ibadah haji dan umrah  lebih bermakna tidak hanya sekedar ibadah ritual, banyak hal orang berusaha memaknai sa'i disamping meniru doa-doa dan amal haji dan umrah yang dilakukan Rasulullah SAW, sehingga bisa berpengaruh dalam hidupnya.
Memang tidak ada dzikir dan doa khusus pada saat sa'i tetapi berdzikir dan berdoa yang disunahkan serta bisa memaknai sa'i agar lebih bermakna dan berpengaruh dalam kehidupan, lebih baik dari pada membaca bacaan dan yel-yel yang aneh-aneh.
Misalkan ketika melakukan sa'i teringat perjuangan ibu supaya anaknya tetap bertahan hidup dan jasa2 orang tua sehingga disela-sela sa'i, berdo'a rabbighfirli wa liwaliyya warhamhuma kama rabbayani shoghira wa li jami'il muslimina wal muslimati wal mukminina wal mukminati al-ahya'i minhum wal amwat.
Disamping itu juga ketika melihat dan mendaki kedua bukit, mengingatkan kita akan banyak peristiwa-peristiwa penting sepanjang sejarah diantaranya :
1. Di atas bukit shofa Rasululah SAW berseru kepada orang-orang Quraisy supaya mereka beriman terhadap risalahnya dan Beliau SAW mengingatkan juga kepada mereka tentang neraka. Ini akan memberikan pelajaran kepada kita agar lebih semangat dakwah mengikuti Rasulullah SAW
2. Setelah fathul makkah Rasulullah menyuruh Khalid bin walid r.a. beserta orang2 yang bersamanya agar masuk melalui dataran rendah Makkah, sehingga akhirnya mereka berkumpul di Shafa. Menyaksikan hal ini Nabi SAW pun berkata "tempat kumpul kalian ialah Shafa" (shahih muslim)
3. Pada saat fathul makkah Rasulullah berdiri diatas bukit shafa untuk menyampaikan pemberian maaf dan pernyataan keamanan. Sementara kaum anshor mengelilingi bukit tsb. Beliau SAW bersabda" Barang siapa yang masuk rumah abu Sufyan maka amanlah ia, barang siapa yang meletakkan senjata amanlah dia.......dst (shahih muslim)
4. Bukit shafa menjadi saksi bahwa orang-orang yang dahulunya mengusir, menyakiti dan memerangi Nabi SAW ketika di makkah mereka berkumpul disekitar shafa untuk berbai'at masuk Islam
Dan masih banyak pelajaran yang bisa kita ambil sehingga berpengaruh dalam kehidupan
===
[‪ *MAKNA SA'I ANTARA SHOFA DAN MARWAH MENURUT IMAM AL GHOZALI*
Berkenaan dengan ramainya perbincangan mengenai "dzikir pancasila" dan "dzikir ya lal wathon" pada saat Sa'i yang dibaca oleh sebagian jama'ah umroh Indonesia, bagus kiranya kita merenungkan penjelasan al Imam al Ghozali, di dalam kitabnya, Ihya' Ulumiddin, sebagai berikut:
وأما السعي بين الصفا والمروة في فناء البيت: فإنه يضاهي تردد العبد بفناء دار الملك جائياً وذاهباً مرة بعد أخرى إظهاراً للخلوص في الخدمة ورجاء للملاحظة بعين الرحمة
Adapun Sa'i antara shofa dan marwah, (yg berada) di halaman Baitullah, sesungguhnya mirip dengan mondar-mandirnya seorang hamba di halaman rumah sang raja, hal itu ia lakukan berulang kali dengan menunjukkan ketulusan dalam berkhidmat dan berharap memperoleh pandangan kasih sayang dari sang raja.
كالذي دخل على الملك وخرج وهو لا يدري ما الذي يقضي به الملك في حقه من قبول أو رد?
Mirip seorang yang menghadap raja, lalu dia keluar, sedangkan dia tidak tahu apa keputusan raja untuknya; apakah diterima atau ditolak?
فلا يزال يتردد على فناء الدار مرة بعد أخرى يرجو أن يرحم في الثانية إن لم يرحم في الأولى.
Oleh sebab itu, ia terus menerus mondar-mandir di halaman rumah, dengan harapan mendapat kasih sayang pada kali yg kedua, jika belum ia dapatkan pada kali yg pertama.
وليتذكر عند تردده بين الصفا والمروة تردده بين كفتي الميزان في عرصات القيامة وليمثل الصفا بكفة الحسنات والمروة بكفة السيئات.
Hendaknya seorang yang Sa'i antara shofa dan marwah selalu mengingat seolah dia sedang mondar mandir antara dua piringan timbangan di hari kiamat. Hendaknya dia membayabgkan shofa sebagai piringan timbangan yang berisi amal kebaikan, sedangkan marwah adalah piringan timbangan yg berisi amal keburukan.
وليتذكر تردده بين الكفتين ناظراً إلى الرجحان والنقصان متردداً بين العذاب والغفران.
Dan hendaknya dia selalu mengingat mondar-mandirnya antara dua piringan timbangan itu, sembari memandang mana yg lebih berat dan mana yg lebih ringan, berada pada dua kemungkinan; mendapatkan ampunan atau siksaan.
========
Begitulah al Ghozali menggambarkan aktivitas Sa'i antara shofa dan marwah. Penuh dengan pebghayatan, kesyahduan, harap-harap cemas, menakutkan, dan menggetarkan. Sehingga Sa'i akan menjadi sangat bermakna dan tentu tidak sempat berbicara kecuali berdzikir, berdoa, dan berharap ampunan Allah swt. Bukan malah dibuat gurauan, melagukan yel-yel yang aneh2, dan jauh dari kekhusyuan Ibadah kepada Allah.
والله المستعان.
٢٥/٠٢/١٨
عثمان زاهد السيداني
====
Menjustifikasi paham sesat dengan maqalah ulama, mushibah. Dosanya dua:
Dosa penyesatan terhadap kaum Muslim.
Dosa terhadap ulama yang dinukil tak pada tempatnya.
Pantas jika hilang barakah ilmu.
Wal 'iyadzu biLlah. Perlu dibantah
===
Jika logika sesat seperti ini dibenarkan, bagaimana jadinya jika dijustifikasi setiap orang yg berhaji untuk mewiridkan dzikir wathan ini sesuai nasionalisme negerinya: Brunei, Malaysia, dsb.
Masing-masing membanggakan ashabiyyah, di tanah haram.

0 comments:

Post a Comment